PERAN MAHASISWA DI ERA MILENIAL

Sebagai seorang mahasiswa, tentu tugas kita tidak hanya duduk di bangku kuliah sampai jam mata kuliah selesai. Kita memiliki tanggung jawab lain. Fungsi lain. Peran yang lebih besar di Masyarakat.
Trus, apa sih peran kita sebagai mahasiswa?
Seperti pada judul, kali ini saya akan memberikan sedikit pendapat saya tentang peran mahasiswa di masyarakat terutama masyarakat di Era Millenial ini.

Untuk kata “Mahasiswa” itu sendiri, dia punya pengertian yaitu “Maha” yang artinya tinggi. Jadi Mahasiswa adalah Siswa yang memiliki tingkat paling tinggi.

Nah, sedangkan menurut para peneliti sosial, generasi Milenial ini lahir pada rentang tahun 1980an hingga 2000. Dengan kata lain, generasi millenial ini adalah anak-anak muda yang saat ini berusia antara 15-35 tahun. Jadi, saya termasuk generasi Millenial dong?😂 yapp.. termasuk kalian juga yang lahir di tahun 1980-2000.

Akhir-akhir ini generasi kita sedang banyak menjadi bahan perbincangan, mulai dari etika, moral, segi pendidikan, budaya dan sebagainya.

generasi yang lebih tua, atau yang disebut generasi X sering mencap para generasi kita (Generasi Milenial) dengan stereotype yang sama, yaitu malas dan narsis!

Trus bagaimana peran mahasiswa disini?
Mahasiswa memiliki peran sebagai “Agent of Change” atau Agen perubahan.
Sesuai dengan artinya Agen perubahan, kita sebagai mahasiswa juga memiliki peran sebagai agen perubahan di masyarakat.
Generasi milenial ini sudah sering mendapat kritikan pedas dari generasi X. Karena memang ulah generasi Milenial ini banyak yang membuat generasi X geram.
Nah, kita sebagai mahasiswa harus menjadi agen perubahan dalam masalah ini.
Dengan gelar kita para mahasiswa sebagai agen perubahan, kita harus bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu setinggi-tingginya agar kita bisa mengaplikasikan gelar yang telah diberikan atau dipercaya oleh masyarakat kepada kita sebagai agen perubahan bangsa yang lebih maju. Bukan malah membuat gelar itu hanya menempel dinama kita sebagai mahasiswa, sebab gelar yang telah diberikan kepada mahasiswa sebagai agen perubahan itu bukan diberikan begitu saja tetapi didalam gelar itu terdapat sebuah harapan untuk perubahan bangsa kita ini, dari bangsa yang tidak terarah menjadi bangsa yang lebih terarah. Kebanyakan mahasiswa mungkin tidak menyadari bahwa kita sebagai mahasiswa telah menjadi tumpuan “kebangkitan” untuk bangsa kita yang lebih maju lagi.

Selain sebagai “Agent of Change“, mahasiswa juga berperan sebagai “Social Control“. Sebagai mahasiswa kita harus berperan sebagai pengontrol kehidupan social. Dalam hal ini kita bias mengontrol kehidupan masyarakat, dengan cara kita sebagai mahasiswa menjadi jembatan antara masyarakat dengan pemerintah. Menyampaikan aspirasi yang telah dikeluarkan oleh masyarakat kepada pemerintah. Mahasiswa juga sebagai gerakan yang mengkritisi kebutuhan politik ketika ada kebijakan diberikan oleh pemerintah yang tidak baik atau tidak bijak bagi masyarakat. Cara mahasiswa mengkritisi pemerintahan tersebut juga dengan banyak cara, contohnya dengan menyampaikan aspirasi lewat media massa maupun dengan berdemonstrasi, dll.

Itulah beberapa peran dan fungsi mahasiswa, sebagai kesimpulan marilah kita sebagai mahasiswa yang di harapkan oleh masyarakat dan bangsa kita, dengan menerapkan peran-peran dan fungsi kita sebagai mahasiswa untuk menjadi generasi penerus bangsa. Kita dapat merubah bangsa ini menjadi bengsa yang lebih maju apabila kita dapat merealisasikan dan menggabungkan peranan kita sebagai mahasiswa yang akan menjadi penerus bangsa di hari esok.
Terimakasih.

Semoga bermanfaat😊

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: