Respon liat temen lepas hijab

Gimana sih respon kita kalo ngeliat temen kita lepas hijab? (baik yang belum pernah pakai hijab atau yang sudah pakai hijab tapi susah buat istiqomah)

Jangan cela, jangan di tinggal, kita kasih dia support tanpa menyudutkan.  Karena istiqomah berhijrah dalam bentuk apapun itu emang gak mudah. Kalo mudah neraka kosong tuh. Pada di surga semua. Maksud support disini bukan mendukung dan membenarkan dia untuk lepas hijab, bukan. Kalo kita membenarkan dan mendukung dia buat lepas hijab ya kita salah lah. Udah jelas dalam Al-Qur’an Allah berfirman:

“Hai Nabi, Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Q.S Al Ahzab : 59)

“Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.” (Q.S An-Nur : 31)

Jumhur  Ulama sepakat bahwa berjilbab wajib hukumnya bagi muslimah. Jangan membangkang, jangan pura-pura gak tau atau cari pembenaran. Meskipun akhlak masih buruk yang penting kewajiban berhijab tetap dilaksanakan.

Tapi kalau kita tinggalin dia —dalam keadaan dan keputusan dia tidak berjilbab—, lalu kita cela dia, yaa.. tentu kita juga salah lah. Selain ada Hablu  minallah, ada hablu minannas juga disitu. Jadi orang itu harus cerdas social, jangan gampang ngejudge, kita gak tau alasan dia lepas jilbab karena apa. Maka terus bimbing dia dan doain dia. Semoga hidayah Allah bisa dia dapat.

Maka, jangan jadikan “manusia” dan “ego” sebagai alasan kita untuk pakai jilbab. Jadikan alasan dibalik itu adalah semata-mata karena Allah. Kalau selain Allah, maka khawatir akan mudah goyah dan tidak istiqomah untuk kedepannya.

Memang, melepas hijab itu tidak mempengaruhi timbangan ibadah lain. Orang melakukan kebaikan tetap dicatat, pun membuka aurat juga tetap dicatat. Allah adil dalam memberikan pahala dan balasan dosa sesuai amal ibadah dan maksiat yang kita kerjakan.

Berjilbab juga tidak terikat dengan baik atau buruknya Akhlak. Jilbab dan akhlak itu dua hal yang berbeda. Jilbab bukan pilihan, tapi kewajiban. Sedangkan akhlak adalah hubungan kita dengan Allah dan manusia. Orang berjilbab belum tentu baik, suci, bersih dari maksiat. Tapi setidaknya, mereka mencoba menutupi satu pintu dosa dengan tidak membuka dan mengumbar aurat mereka.

Dan tentu, ini adalah hak setiap orang memilih jalan hidupnya. Kita gak punya hak untuk memaksanya memakai atau melepas jilbab. Cukup hargai dia. Karna ini adalah salah satu bentuk menghargai Hak Asasi Manusia dan pemikiran yang moderat. Maka, dengan pemikiran seperti ini tentu membuat kita terhindar dari perselisihan dan rasisme tanpa ada perbedaan-perbedaan kelompok.


Tapi, setiap detik kita membuka aurat, bukan hanya kita sendiri yang akan mendapatkan dosa besar. Tetapi itu juga akan mendekatkan orang tua kita ke neraka. Dan menambah tabungan dosa kepada suami kita.

Masya Allah! tinggal dari kita nya mau pilih jalan yang mana.

e2c057908a08dfc12b11da2601c1fc41

Iklan

7 respons untuk ‘Respon liat temen lepas hijab

Add yours

  1. Bagus banget post nya, Saya sendiri termasuk orang yg lepas hijab. Tapi tidak tersinggung dengan artikel Anda, malah terinspirasi. Bagi Saya melepas kerudung itu adalah pilihan Saya sendiri, dan hal itu membuat Saya lebih nyaman. Tau pakai kerudung itu lebih baik, tapi ketika diri sudah merubah ideologi susah kembali lagi.

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: