Respon liat temen lepas hijab

Gimana sih respon kita kalo ngeliat temen kita lepas hijab? (baik yang belum pernah pakai hijab atau yang sudah pakai hijab tapi susah buat istiqomah) Jangan cela, jangan di tinggal, kita kasih dia support tanpa menyudutkan.  Karena istiqomah berhijrah dalam bentuk apapun itu emang gak mudah. Kalo mudah neraka kosong tuh. Pada di surga semua.... Continue Reading →

Iklan

Hijrah

Hijrah itu gampang. yang susah itu istiqomahnya. Apa si hijrah itu? Dalam konteks sejarah hijrah itu sendiri, hijrah  adalah kegiatan perpindahan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad saw bersama para sahabat beliau dari Mekah ke Madinah, Tujuannya untuk mempertahankan dan menegakkan Risalah Allah, berupa akidah dan syari’at Islam. Nah, menurut H. Dedih Surana, Drs., M.Ag. (Dosen... Continue Reading →

Aku dan Harapan

Ketika sebuah mimpi yang telah aku perjuangkan harus hancur disebabkan suatu hal tertentu, itu berarti aku harus menyusun puzzle mimpi baru yang lebih baik. Karena terkadang harapan tak selalu sesuai dengan kenyataan. Saat itulah aku harus belajar dewasa. Belajar menerima kenyataan sepahit apapun itu. “Sabar, masih ada Allah” hanya itu yang saat ini menjadi penguat.... Continue Reading →

Mystical Experience

8 januari 2018 “tari, tunggu di warnet aja ya? Soalnya nanti pihak rumah sakit mau nelpon lagi katanya” aku mengajak tari menunggu telpon dari rumah sakit untuk mengurusi administrasi salah satu temanku —Dhila—yang sedang berada disana. Telpon asrama kami memang kebetulan disimpan di warnet pondok. Malam itu sekitar jam setengah 12. Biasanya warnet jam sebelas... Continue Reading →

Islam Nusantara

Ketika pertama kali NU mengeluarkan konsep Islam Nusantara sebagai antitesis dari Islam ala Saudi, jujur, aku terpesona. Inilah perang tanpa pedang, penyadaran tanpa kekuatan, pencerahan tanpa arogansi. Panji-panjinya dibawa oleh ulama-ulama kawakan. Tutur lembut tapi mencerdaskan. Seminar-seminar digalakkan. Emha membawakannya dengan gaya kampungan, bukan dengan gaya padang pasir. Gus Mus membawakannya dengan gaya tutur. Bukan... Continue Reading →

Berdo’a baru kemudian Berusaha

“Do’a dulu baru usaha” Petuah ini dikatakan oleh salah satu guru di sekolah ku. Bu lizariani namanya. Semua bangunan pemikiran yang ada selama ini yaitu “usaha dulu baru do’a”, beliau mencoba untuk mengonversi pemikiran itu dengan membaliknya menjadi “do’a dulu baru usaha”. Kenapa? entah, beliau pun tidak mau memberi tau alasannya sebelum aku mencari dan... Continue Reading →

Aslamtu Laka

Rabb ku yang maha baik, dibanding setiap pengharapanku kepada makhluk, aku jauh lebih mengharapkan Ridho-Mu. apapun yang Kau Ridho terjadi padaku, maka biarkanlah terjadi. dan itu akan menjadi kebahagiaan terbesarku. Ku ucap syukur atas semua nikmat-Mu hari ini wahai Engkau pengasih dan penyayang. Engkau tau semua keinginanku dan semua masalahku. ku serahkan semua kepada-Mu dan... Continue Reading →

Fahami Maksud Allah

Hari pertama masuk sekolah, aku sudah disuguhkan pemandangan yang tidak enak. Ya, temanku —Caca namanya— pagi-pagi sudah menekuk wajahnya. Entah masalah apa yang sedang dia alami. Aku tidak berani bertanya. Satu jam pelajaran berlalu dia tetap tidak bicara. Kami satu bangku, kami dekat, tapi rasanya aku sendiri. Pikiranku mengira-ngira apa yang sedang dia alami. Mungkin... Continue Reading →

First post

بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ Sengaja aku awali menulis postingan pertama ini dengan menggunakan basmalah. Karena, Rasulullah SAW. pernah bersabda: “كُلُّ أَمْرٍ ذِيْ بَالٍ لاَ يُبْدَأُ فِيْهِ بِـ : بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ فَهُوَ أَبْتَرُ” “Setiap perkara penting yang tidak dimulai dengan ‘bismillahirrahmanir rahiim’, amalan tersebut terputus berkahnya.” (HR. Al-Khatib dalam Al-Jami’, dari jalur Ar-Rahawai dalam... Continue Reading →

WordPress.com.

Atas ↑